Surakarta Kota Budaya

Selamat Datang Di Kota Budaya Surakarta Mari kita Kembangkan dan Lestarikan Budaya Daerah Surakarta

Jumat, 16 April 2010

Wacanakan Provinsi Surakarta

DPRD Solo Siap Mendukung

SOLO-Di kalangan tokoh Solo, berkembang wacana unluk membentuk Provinsi Surakarta yang terpisah dari Jawa Tengah. Salah seorang tokoh yang memunculkan wacana tersebut adalah Ketua DPRD Solo Y.F. Soekasno. "Adalah hak warga Solo dan sekitarnya untuk menentukan nasibnya pada waktu-waktu mendatang," jelasnya.

Menurut dia, infrastruktur di Surakarta cukup mendukung sebagai sebuah provinsi. Terlebih, menurut dia. Surakarta cukup dikenal di kancah nasional maupun internasional. Baik dari sisi budaya, kemajemukan, pendidikan, maupun kemajuan pembangunan.

"Bila wacana itu memang serius, kami selaku lembaga legislatif akan mendukung. Saya kira layak Surakarta menjadi provinsi sendiri," tegasnya kepada Radar Solo (INDOPOS GRUP) kemarin (30/3). Lebih jauh Soekasno menjelaskan, dari sisi pembangunan fisik. Surakarta cukup maju. Sejumlah fasilitas publik tersedia memadai. Di antaranya, terminal terpadu, stasiun, dan pusat-pusat perekonomian.

Demikian pula, infrastruktur layanan publik sangat memadai. Misalnya, kantor pemerintahan, objek wisata dan budaya, serta pusat-pusat pendidikan. "Saya kira tidak ada hambatan yang berani bila Surakarta menjadi provinsi. Sebab, bisa dilihat sendiri bahwa kota ini telah melaksanakan pembangunan yang jauh lebih cepat daripada kota lain," tegasnya.

Menurut dia, sejumlah prestasi juga bisa menjadi pertimbangan. Di antaranya, di bidang penataan kota, kebersihan dan ketertiban, kinerja pemerintahan, serta partisipasi publik. Karena itu, pihaknya menjamin, bila menjadi provinsi, Surakarta akan lebih baik karena didukung infrastruktur.

Wakil Ketua DPRD Supriyanto mengungkapkan hal yang tidak jauh berbeda. Dia menyambut baik wacana Surakarta menjadi provinsi. Secara tidak langsung, gagasan tersebul didasarkan pada prestasi yang selama ini berhasil diraih.

Cukup beralasan bila kemudian muncul ide menjadikan Surakarta sebagai provinsi. "Saya menyambut baik gagasan itu. Nanti Surakarta lebih maju. Selain secara pembangunan fisik cukup mendukung, budaya masyarakat yang selama ini dikembangkan layak jadi pertimbangan," ujar Supriyanto.

Dia menambahkan, dari sisi sosiokultural, sudah tidak ada masalah. Terlebih ditunjang dengan infrastruktur pemerintahan Aspek yang perlu dipikirkan adalah dukungan daerah sekitar. "Harus ada komitmen riil dari pemerintah daerah yang lain. Selain itu, dibutuhkan aspek regulasi yang kuat guna merealisasikan wacana tersebut." ungkapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar