Surakarta Kota Budaya

Selamat Datang Di Kota Budaya Surakarta Mari kita Kembangkan dan Lestarikan Budaya Daerah Surakarta

Jumat, 16 April 2010

Panwas Surakarta Temukan Kecurangan Kampanye Pilwakot

Panitia Pengawas Pemilu (Panwas) Surakarta menemukan sejumlah kecurangan dalam kampanye Pilwakot Solo. Pelanggaran dilakukan baik oleh pasangan Joko Widodo-FX Hadi Rudyatmo (Jody) maupun pasangan Eddy Wirabhumi-Supradi Kertamenawi (Widi) dalam dua hari terakhir.

Ketua Panwas Sri Sumanta yang ditemui seusai rapat koordinasi bersama KPU Surakarta dan tim kampanye di kantor KPU Komplek Stadion Manahan, Senin (12/4) mengatakan, pelanggaran yang dilakukan Jody terbilang lebih ringan dibandingkan Widi.

Untuk tim kampanye pasangan nomor urut 1 ini hanya ditemukan pelanggaran ketertiban, yakni melakukan konvoi kendaraan bermotor dan mengeraskan suara motor. Sedangankan pasangan Widi diduga melakukan politik uang dengan membagi-bagikan sembako saat berkampanye.

"Untuk Jody hanya pelanggaran ketertiban yang kami catat yakni pada saat kampanyenya yang pertamanya pada tanggal 10 April lalu. Adapun untuk Widi, Panwascam Serengan menemukan indikasi bagi-bagi sembako kepada masyarakat saat berkampanye disana. Khusus untuk pelanggaran yang dilakukan Widi saat ini sedang kita kaji," jelas Sumanta.

Kendati demikian, panwas menyatakan secara umum pelaksanaan kampanye berjalan tertib dan lancar. Hanya saja lembaga pengawas pemilu itu meminta masing-masing pasangan calon dan tim kampanye agar mematuhi peraturan yang sudah disepakati.

Sumanta menambahkan, pihaknya baru akan menindaklanjuti laporan penyimpangan kampanye Widi, setelah melakukan kajian termasuk mengumpulkan bukti, termasuk unsur-unsur pelanggarannya.

Menurut Sumanta, praktik politik uang dengan mengajak pemilih untuk memilih atau tidak memilih salah satu pasangan calon. Praktik ini cukup berbahaya dan mengarah pada unsur pidana dimana ancamannya adalah pembatalan pasangan calon oleh DPRD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar